Gaya Hidup Sehat Terasa Susah? Pasti Kamu Belum Tahu Maksudnya

Olahraga secukupnya

Gaya hidup alias lifestyle adalah kondisi dimana seseorang melakukan sesuatu secara berulang, dengan kesadaran penuh, serta tidak ada paksaan dari arah manapun. Ada banyak sekali gaya hidup, karena hampir semua tindakan manusia yang dilakukan berulang-ulang bisa disebut gaya hidup. Salah satunya, sekaligus yang paling ramai dikampanyekan adalah gaya hidup sehat.

Apakah gaya hidup sehat adalah gaya hidup yang berolahraga sepanjang hari seperti pemilik web masjuanda.com yang rutin olahraga? Makan makanan bergizi empat sehat lima sempurna setiap hari? Wah jika seperti itu, tidak heran jika banyak orang yang menganggap gaya hidup ini begitu sulit, sehingga memilih untuk hidup serampangan asal nyaman.

Seringnya kita mengalami pergeseran makna dalam mengartikan gaya hidup sehat ini. Memang betul untuk bisa mencapai fase menjadi lifestyle itu sulit, tapi semuanya, bukan hanya gaya hidup sehat saja. Goals dari gaya hidup sehat adalah hidup sehat itu sendiri. Lantas caranya? Tentu ada banyak dan variatif tergantung individu yang menjalankan.

Ini Dia Hal Penting Seputar Gaya Hidup Sehat yang Sering Diabaikan

Olahraga secukupnya

Banyak orang beranggapan untuk bisa menjalani pola hidup sehat maka dia harus olahraga setiap hari. Tentu mendengarnya saja sudah horor, bukan? Bagaimana jika saat itu kita sakit, atau ada kerjaan mendadak dari kantor, mungkin, yang mana pastinya tidak sempat olahraga. Berarti hidup kita tidak lagi sehat, ya?

Jadi begini, olahraga dan kuantitasnya adalah salah satu hal yang harus diluruskan bagi orang yang ingin menjalani gaya hidup sehat. Kalian tidak perlu olahraga setiap hari, tapi secukupnya. Bisa dua kali seminggu, atau tiga kali seminggu. Pun tidak masalah jika olahraganya ringan seperti jalan kecil, atau melakukan yoga, dan senam-senam ceria lainnya.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah konsisten. Menjaga konsisten saja sudah cukup sulit, jadi jangan urungkan niat hidup sehat dengan ketakutan-ketakutan yang tidak benar, ya!

Tidur sesuai kebutuhan tubuh

Banyak orang bilang kita harus tidur selama 8 jam sehari. Memang betul, tapi kembali lagi, kondisi tubuh masing-masing orang berbeda. Ada mereka yang butuh tidur lama bahkan lebih dari 8 jam untuk mengembalikan tenaga, ada pula yang hanya butuh tidur sesaat dan tenaganya pulih kembali.

Jadi, dalam proses gaya hidup sehat, tidurlah sesuai kebutuhan kalian. Jangan berpatokan pada terms tertentu, kecuali memang tubuh kalian membutuhkannya, seperti bedrest.

Makan sesuai kebutuhan tubuh

Makan harus sesuai kebutuhan. Nutrisi yang terkandung juga harus lengkap. Tapi jangan khawatir. Kalian tidak perlu tuna dan salmon hanya untuk memenuhi kebutuhan protein. Masih ada tahu, tempe, teri, lele yang tidak kalah banyak kandungan proteinnya. Sayur pun kalian bisa menggunakan sayur yang tumbuh liar, tidak harus sayur hidroponik mahal.

Jadi, nutrisinya memang harus lengkap. Tapi sumber nutrisinya juga variatif, jangan berpatokan pada nutrisi yang sering diiklankan. Sebenarnya, gaya hidup sehat itu tidak mahal, ketidaktahuan kita yang membuatnya menjadi mahal.

Perbaiki metabolisme dan mindset

Poin keempat ini sekaligus menjadi gong alias poin paling penting dari pembicaraan kita tentang gaya hidup sehat. Mindset akan membentuk metabolisme. Dari sana kesehatan juga terbentuk. Bagaimana respon tubuh kita dalam mengolah semua nutrisi dan istirahat tadi dilakukan oleh metabolisme yang bagus. Dengan begitu, kurang-kurangi kebiasaan tidak sehat seperti overthinking yang bisa membuat metabolisme jatuh, ya!

Nah, sekarang sudah tahu, kan, hal penting apa yang harus diperhatikan untuk bisa menjalani gaya hidup sehat? Semoga bermanfaat, ya!